Rabu, 02 November 2011

Tumbuhkan cinta terhadap bawang putih


Tahukah anda dengan bawang putih..??
Pastinya semua orang tahu dengan bumbu dapur yang berwarna putih untuk masakan ini..
Bawang hampir ada di semua resep makanan sebagai resep utama untuk masakan. Selama ribuan tahun, bawang putih telah dipakai untuk kegunaan medis. Seorang dokter Yunani kuno Dioscorides melaporkan bahwa bawang putih dapat “membersihkan pembuluh darah”, dan Hippocrates meresepkannya untuk penyakit dalam. Pada tahun 1958, Louis Pastur menemukan bahwa bawang putih bisa membunuh bakteri. Dan oleh karena itu, para dokter Rusia menggunakan satu siung bawang putih untuk menyembuhkan infeksi, bawang putih pun dikenal sebagai “Penisilin Rusia” sampai abad 20. Albert Schweitzer bahkan telah memakai bawang putih sebagai obat disentri-amuba saat sedang berada si Afrika.
               Bawang  putih dicatat ribuan tahun sebagai obat rakyat, kini bawang putih pun telak terbukti menjadi bintang di banyak Laboratorium percobaan. Para peneliti telah mengidentifikasi lebih dari 200 senyawa di dalamnya, termasuk setidaknya 20 pembuluh kuman. Bawang putih juga mengandung banyak antioksidan dan lebih daari selusin antiperadang. Namun senyawa bawang putih yang palng banyak mendapat perhatian adalah senyawa Organosulfur yang mirip dengan senyawa bawang bombai, bawang perai, dan lokio. Senyawa ini diduga bertanggung jawab terhadap aktivitas bakteri dan antijamur. Bawang putih, begitu pula kemampuannya mamperlambat perpaduan kolesterol, menurunkan tekanan darah, mengurangi atherosclerosis, dan mencegah pengumpulan platelet. Senyawa sulfur mungkin bahkan terbukti dapat melawan kanker. Pada wanita yang memakan bawang putih seminggu sekali memiliki resiko kanker usus 32% lebih rendah daripada wanita yang tidak memakan bawang putih sama sekali. Penelitian di National Cancer Institute menunjukkan bahwa sari bawang putih memperlambat perkembang biakan sel-sel kanker dan menyebabkan sel-sel abnormal hancur dengan sendirinya.
                John milner, seorang professor ilmu gizi di Universitas Pennsylvania State dan Ketua kelompok penelitian ilmu pengetahuan gizi di National Cancer Institute, berkata bahwa rahasia untuk mendapatkan banyak keuntungan dari bawang putih adalah dengan memotong-motong bawang putih dan didiamkan selam 10-15 menit. Itu karena senyawa organosulfur belum terbentuk sebelum anda memotongnya menjadi siungan. Ia juga menyarankan agar memakan bawang putih dengan makanan yang banyak mengandung selenium, karena selenium sepertinya meningkatkan kemanjuran bawang putih. Selenium dijumpai dalam jaringan tubuh hewan, seperti pada ikan, daging, telur, kerang, dan juga terdapat dalam padi-padian dan biji-bijian. Selenium dapat bekerja dengan bawang putih untuk mencegah pembentukan senyawa yang berkaitan dengan permulaan kanker dan perkembangbiakan sel.
                
               So, sudah jelaskan tentang khasiat bawang putih,, tindakan anda sudah tepat untuk memasukkan bawang putih ke dalam resep masakan anda.. dan tingakan terus penggunaannya,,,,,!!!!!!!!!!!
Sumber : Joseph A James dkk. 2002. Diet Sehat dengan Kode Warna Makana. Bandung : Mizan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar